Siklus Pendapatan : Penjualan dan Penerimaan Kas


Bab 12
Siklus Pendapatan : Penjualan dan Penerimaan Kas

1.            Apa yang dimaksud dengan siklus pendapatan?
Jawab:
Siklus pendapatan adalah serangkaian bisnis dan operasi pemrosesan informasi terkait yang terus-menerus dengan menyediakan barang dan jasa kepada pelanggan dan menerima kas sebagai pembayaran atas penjualan tersebut

2.            Apa tujuan siklus pendapatan?
Jawab:
Tujuan utama siklus pendapatan adlah menyediakan produk yang tepat ditempat yang tepat pada saat yang tepat untuk harga yang sesuai

3.            Keputusan-keputusan penting dalam siklus pendapatan?
Jawab:
Untuk mencapai tujuan tersebut, manajemen harus membuat keputusan-keputusan penting:
·  Sampai sejauh mana produk dapat dan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan individu?
·       Seberapa banyak persediaan yang harus dimiliki dan dimana persediaan tersebut harus ditempatkan?
·     Bagaimana seharusnya barang dagangan dikirim ke pelanggan? Haruskah perusahaan menjalankan fungsi pengiriman sendiri atau mengalihdayakan (outsourcing) kepihak ketiga yang berspesialisasi dalam bidang logistik?
·        Berapa produk optimal setiap barang dan jasa?
·      Haruskah kredit diperpanjang untuk pelanggan? Jika demikian, persyaratan jredit apa  seharusnya ditawarkan? Seberapa banyak kredit yang dapat diperpanjang untuk setiap pelanggan?
·       Bagaiman pembayaran pelanggan dapat diproses untuk memaksimalkam Arus kas?

4.            Aktivitas utama pada siklus pendapatan?
Jawab:
Empat aktivitas dasar pada siklus pendapatan:
1.      Entri pesanan penjualan
2.      Pengiriman
3.      Pengagihan
4.      Penerimaan kas

5.            Apa yang dimaksud dengan Back Order?
Jawab:
Back Order atau pemesanan kembali adalah sebuah dokumen yang mengotorisasi pembelian atau produksi dari barang-barang yang dibuat ketika tida ada persediaan yang mencukupi untuk memenuhi pesanan pelanggan

6.            Apa yang dimaksu Picking ticket?
Jawab:
Picking Ticket atau kartu pengambilan adalah Sebuah dokumen yang mencantumkan barang dan kuanttas dari tiap-tiap barang yang dipesan dan mengotorisasi fungsi pengendalian persediaan untuk mengeluarkan barang tersebut ke departemen pengiriman

7.            Apa yang dimaksud dengan CRM (Customer Relation Management)?
Jawab:
CRM / Sistem manajemen hubungan pelanggan  adalah perangkat lunak yang mengatur informasi mengenai pelanggan dengan cara memfaslitasi layanan yang efisien dan personel

8.            Apa yang dimaksud dengan Packing slip?
Jawab:
Packing slip/Slip pengepakan adalah sebuah dokumen yang mencantumkan kualitas dan deskripsi dari setiap barang yang disertakan dalam sebuah pengiriman

9.            Apa yang dimaksud dengan Bill of landing?
Jawab:
Bill of landing/Konosemen adalah sebuah kontrak hukum yang menjelaskan tanggungjawab atas barang ketika barang tersebut sedang dalam transit.

10.            Dokumen-dokumen siklus pendapatan
Jawab:
Dokumen yang digunakan dalam siklus pendapatan dibagi menjadi 2  golongan, yaitu dokumen sumber (source documents) adalah dokumen yang dipakai sebagai dasar pencatatan ke dalam catatan akuntansi, dan dokumen pendukung (corrorating documents atau dokumen penguat) adalah dokumen yang membuktikan validitas terjadinya transaksi.
            Dokumen yang diperlukan sebagai masukkan siklus pendapatan sebagian berasal dari pembeli. Dokumen yang dimaksud meliputi: Sales Order, Shipping order, credit/debit memo, invoice bill of lading, shipping report, dll

11.            Apa yang dimaksud open invoice method?
Jawab:
Open invoice method / Metode faktur terbuka adalah metode memelihara piutang yang mana pelanggan membayar berdasarkan setiap faktur

12.            Apa yang dimaksud dengan remittance advice?
Jawab:
Remittance advice / Nota pengiriman uang adalah sebuah salinan faktur penjualan yang dikembalikan dengan pembayaran yang mengindikasikan faktur, laporan, atau hal-hal lain yang dibayarkan.

13.            Apa yang dimaksud dengan Balance for arround method?
Jawab:
Balance for arround method / Metode saldo maju adalah metode pemeliharaan piutang yang mana pelanggan biasanya membayar berdasarkan jumlah yang ditujukkan dalam sebuah laporan bulanan, bukan berdasarkan tiap-tiap fakturnya. Pengiriman uang diterapkan terhadap total saldo rekening, bukan dengan faktur tertentu.

14.            Apa yang dimaksud dengan Monthly method?
Jawab:
Monthly method / Laporan bulanan adalah sebuah dokumen yang mencantumkan sebuah transaksi yang terjadi selama sebulan yang lalu dan informasi atas saldo rekening terakhir pelanggan.

15.            Apa yang dimaksud dengan Credit memo?
Jawab:
Credit memo / Memo kredit adalah sebuah dokumen yang disetujui oleh manajer kredit, yang mengotorisasi departemen penagihan untuk mengkredit rekening seorang pelanggan.

16.            Apa Apa yang dimaksud dengan Remittance list?
Jawab:
Remittance list / Daftar pengiriman uang adalah sebuah dokumen yang mencantumkan nama dan jumlah dari seluruh pembayaran pelanggan yang diterima dalam surat

17.            Apa yang dimaksud dengan Financial electronic data interchange?
Jawab:
Financial electronic data interchange (FEDI) adalah kombinasi dari EFT dan EDI yang memungkinkan data pengiriman uang dan instruksi transfer dana untuk disertakan dalam satu paket elektronik


Sumber : Accounting Information System, Marshall B. Romney and Paul John Steinbart, Pearson,  Edisi 13. Penerbit Salemba Empat



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siklus Produksi

Soal dan Jawaban SIA Bab 10 dan 11