Siklus Pendapatan : Penjualan dan Penerimaan Kas
Bab 12
Siklus
Pendapatan : Penjualan dan Penerimaan Kas
1.
Apa
yang dimaksud dengan siklus pendapatan?
Jawab:
Siklus
pendapatan adalah serangkaian bisnis dan operasi pemrosesan informasi terkait
yang terus-menerus dengan menyediakan barang dan jasa kepada pelanggan dan
menerima kas sebagai pembayaran atas penjualan tersebut
2.
Apa
tujuan siklus pendapatan?
Jawab:
Tujuan
utama siklus pendapatan adlah menyediakan produk yang tepat ditempat yang tepat
pada saat yang tepat untuk harga yang sesuai
3.
Keputusan-keputusan
penting dalam siklus pendapatan?
Jawab:
Untuk
mencapai tujuan tersebut, manajemen harus membuat keputusan-keputusan penting:
· Sampai sejauh mana produk dapat dan
harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan individu?
· Seberapa banyak persediaan yang harus
dimiliki dan dimana persediaan tersebut harus ditempatkan?
· Bagaimana seharusnya barang dagangan
dikirim ke pelanggan? Haruskah perusahaan menjalankan fungsi pengiriman sendiri
atau mengalihdayakan (outsourcing) kepihak ketiga yang berspesialisasi dalam
bidang logistik?
· Berapa produk optimal setiap barang dan
jasa?
· Haruskah kredit diperpanjang untuk
pelanggan? Jika demikian, persyaratan jredit apa seharusnya ditawarkan?
Seberapa banyak kredit yang dapat diperpanjang untuk setiap pelanggan?
· Bagaiman pembayaran pelanggan dapat
diproses untuk memaksimalkam Arus kas?
4.
Aktivitas
utama pada siklus pendapatan?
Jawab:
Empat
aktivitas dasar pada siklus pendapatan:
1. Entri
pesanan penjualan
2. Pengiriman
3. Pengagihan
4. Penerimaan
kas
5.
Apa
yang dimaksud dengan Back Order?
Jawab:
Back Order atau pemesanan kembali
adalah sebuah dokumen yang mengotorisasi pembelian atau produksi dari
barang-barang yang dibuat ketika tida ada persediaan yang mencukupi untuk
memenuhi pesanan pelanggan
6.
Apa
yang dimaksu Picking ticket?
Jawab:
Picking Ticket atau kartu
pengambilan adalah Sebuah dokumen yang mencantumkan
barang dan kuanttas dari tiap-tiap barang yang dipesan dan mengotorisasi fungsi
pengendalian persediaan untuk mengeluarkan barang tersebut ke departemen
pengiriman
7.
Apa
yang dimaksud dengan CRM (Customer Relation Management)?
Jawab:
CRM / Sistem manajemen hubungan
pelanggan adalah
perangkat lunak yang mengatur informasi mengenai pelanggan dengan cara
memfaslitasi layanan yang efisien dan personel
8.
Apa
yang dimaksud dengan Packing slip?
Jawab:
Packing
slip/Slip pengepakan adalah sebuah dokumen yang mencantumkan kualitas dan
deskripsi dari setiap barang yang disertakan dalam sebuah pengiriman
9.
Apa
yang dimaksud dengan Bill of landing?
Jawab:
Bill
of landing/Konosemen adalah sebuah kontrak hukum yang menjelaskan tanggungjawab
atas barang ketika barang tersebut sedang dalam transit.
10.
Dokumen-dokumen siklus pendapatan
Jawab:
Dokumen
yang digunakan dalam siklus pendapatan dibagi menjadi 2 golongan, yaitu dokumen sumber (source
documents) adalah dokumen yang dipakai sebagai dasar pencatatan ke dalam
catatan akuntansi, dan dokumen pendukung (corrorating documents atau dokumen
penguat) adalah dokumen yang membuktikan validitas terjadinya transaksi.
Dokumen yang diperlukan sebagai
masukkan siklus pendapatan sebagian berasal dari pembeli. Dokumen yang dimaksud
meliputi: Sales Order, Shipping order, credit/debit memo, invoice bill of
lading, shipping report, dll
11.
Apa yang dimaksud open invoice method?
Jawab:
Open
invoice method / Metode faktur terbuka adalah metode memelihara piutang yang
mana pelanggan membayar berdasarkan setiap faktur
12.
Apa yang dimaksud dengan remittance
advice?
Jawab:
Remittance
advice / Nota pengiriman uang adalah sebuah salinan faktur penjualan yang
dikembalikan dengan pembayaran yang mengindikasikan faktur, laporan, atau
hal-hal lain yang dibayarkan.
13.
Apa yang dimaksud dengan Balance for
arround method?
Jawab:
Balance
for arround method / Metode saldo maju adalah metode pemeliharaan piutang yang
mana pelanggan biasanya membayar berdasarkan jumlah yang ditujukkan dalam
sebuah laporan bulanan, bukan berdasarkan tiap-tiap fakturnya. Pengiriman uang
diterapkan terhadap total saldo rekening, bukan dengan faktur tertentu.
14.
Apa yang dimaksud dengan Monthly method?
Jawab:
Monthly
method / Laporan bulanan adalah sebuah dokumen yang mencantumkan sebuah
transaksi yang terjadi selama sebulan yang lalu dan informasi atas saldo
rekening terakhir pelanggan.
15.
Apa yang dimaksud dengan Credit memo?
Jawab:
Credit
memo / Memo kredit adalah sebuah dokumen yang disetujui oleh manajer kredit,
yang mengotorisasi departemen penagihan untuk mengkredit rekening seorang
pelanggan.
16.
Apa Apa yang dimaksud dengan Remittance
list?
Jawab:
Remittance
list / Daftar pengiriman uang adalah sebuah dokumen yang mencantumkan nama dan
jumlah dari seluruh pembayaran pelanggan yang diterima dalam surat
17.
Apa yang dimaksud dengan Financial
electronic data interchange?
Jawab:
Financial
electronic data interchange (FEDI) adalah kombinasi dari EFT dan EDI yang
memungkinkan data pengiriman uang dan instruksi transfer dana untuk disertakan
dalam satu paket elektronik
Sumber : Accounting Information System, Marshall B. Romney and Paul John Steinbart, Pearson, Edisi 13. Penerbit Salemba Empat
Komentar
Posting Komentar