Pengantar Pengembangan Sistem dan Analisis Sistem

Pengembangan Sistem

Siklus Hidup Pengembangan Sistem

Sebuah proses 5 langkah yang digunakan untuk mendesain dan mengimlementasikan sebuah sistem baru

Analisis Sistem 
Langkah pertama dalam pengembangan sistem adalah analisis sistem dimana informasi yang diperlukan untuk membeli, mengembangkan, atau memodifikasi sebuah sistem dikumpulkan, sistem ini digunakan disurvei untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya, serta kelayakan atas proyek yang diajukan ditentukan. Jika proyek yang diajukan layak, kebutuhan informasi para pengguna sistem dan manajer diidentifikasi dan didokumentasikan, ini digunakan untuk memilih atau mengembangkan sebuah sistem baru.

Desain Konseptual
Langkah dimana para analisis memutuskan bagaimana mencapai kebutuhan pengguna, mengidentifikasi dan mengevaluasi alternatif desain, serta mengembangkan spesifikasi mendetail bagi apa yang dicapai sistem tersebut dan bagaimana sistem tersebut dikendalikan.

Desain Fisik
Langkah yang ketiga dimana persyaratan desain konsptual yang luas dan berorientasi pengguna diterjemahkan kedlam spesifikasi mendetail yang digunakan untuk mengkode dan menguji perangkat , membuat perangkat lunak, mendesain input / output, membuat file/database, mengembangkan prosedur dan mengimplementasikan pengendalian.

Implementasi dan Konversi
langkah ke empat dimana perusahaan memperkerjakan dan melatih para pegwai , menguji dan memodifikasi prosedur, menetapkan standar dan pengendalian , melengkapi dokumentasi, berpindah kesistem baru, dan mendeteksi dan mengoreksi definisi desain.

Operasi dan Pemeliharaan
langkah kelima, dimana sistem tersenut secara periodik ditinjau dan modifikasi serta peningkatan  yang perlu dibuat

Para Pemain
Sejumlah orang harus bekerjasama untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sebuah SIA dengan sukses:

Manajemen
Manajemen ini menekankan pada pentingnya melibatkan para pengguna dalam proses tersebut, memberikan dorongan dan dukungan untuk proyek pengembangan dan menyelaraskan sistem dengan strategi korporasi.
Manajemen pengguna menentukan persyaratan infoermasi, membantu para analisis dengan estimasi biaya dan manfaat, menugaskan staf untuk mengembangkan proyek, dan mengalokasikan dana bagi pengembangan dan operasi

Pengguna 
Para pengguna SIA mengkomunikasikan informasi yang dibutuhkan ke pengembang sistem

Panitia Pengarah dan Sistem Informasi
sebuah panitia pengarah sistem informasi tingkat eksekutif merencanakan dan mengawasi fungsi sistem informasi.

Tim Pengembangan Proyek
Para anggota tim merencanakan tiap proyek, mengawasinya untuk memastikan penyelesaian yang tepat waktu dan efektif biaya, memastikan pertimbangan layak diberikan ke elemen manusia, serta mengomunikasikan status proyek ke manajemen dan panitia pengarah.

Analisis dan Program Sistem
Analisis membantu para pengguna menentukan kebutuhan informasi mereka, mempelajaru sistem yang ada dan mendesain sistem baru, serta menyiapkan spesifikasi yang digunakan oleh pemrograman komputer.
Program Komputer membuat dan menguji sejumlah program menggunakan spesifikasi oleh analis. Merek juga memodifikasi dan merawat program komputer yang ada.

Pemain Eksternal
Para pelanggan. auditor eksternal, dan entitas pemerintah memainkan sebuah peran dalam pengembangan sistem. Sebagai contoh, Paa jual di Walmart disarankan untik mengimplemamtasikan dan menggunkan electronic data interchange (EDI)

Merencanakan Pengembangan Sistem

  1. Rencana Pengembangan Proyek adalah Dokumen yang menunjukkan kebutuhan proyek (orang, perangkat keras, penrangkat lunak dan keuangan), sebuah sistem analisis biaya-manfaat, serta bagimana sebuah proyek akan diselesaikan  (modul atau tugas untuk dijalankan, siapa yang akan menjalankannya, dan waktu penyelesaian)
  2. Rencana Induk adalah rencana yang menjelaskan sistem tersebut akan berisisi apa saja, bagaimana sistem akan dikembankan, siapa yang akan mengembangkannya, bagaimana sumberdaya yang dibutuhkan akan diperoleh, status proyek-proyek dalam proses, prioritas proyek yang direncanakan, dan kriteria prioritas
Teknik-Teknik Perencanaan

Program evaluation and review technique (PERT) adalah  sebuah cara untuk merencanakan, mengembankan , mengoordinasi, mengendalikan dan menentukan waktu dari aktivitas-aktivitas pengembangan sistem; seluruh aktivitas serta contoh dan hubungan selanjutnya diantara aktivitas-aktivitas tersebut, diidentifikasi dan ditunjukkan pada sebuah diagram PERT.

Jalan bisnis adalah jalur PERT  yang mensyaratkan jumlah waktu terbesar untuk menyelesaikan sebuah proyek;  jika sebuah aktivitas jalur kritis tertunda, seluruh proyek tertetunda.

Bagan Gant adalah Sebuah grafik batang yang digunakan untuk perencanaan proyek. Grafik tersebut menunjukkan aktivitas proyek di sisi kiri, unit waktu diatas, dan waktu tiap aktivitas diharapkan untuk dijalankan sebagai sebuah batang horizontal

Analisis Kelayakan

Studi kelayakan adalah sebuah penyelidikan untuk menentukan apakah praktis untuk mengembangkan sebuah aolikasi dan sistem baru.
Ada 5 aspek  penting yang dipertimbangkan selama studi kelayakan:
  1. Kelayakan ekonomi. Akankah manfaat sistem akan mendukung waktu, uang dan sumberdya yang diperlukan untuk mengimplemtasikannya?
  2. Kelayakan teknis. Dapatkah sistem dikembnagkan dan diimplematesikan mengunkan teknilogi yang ada?
  3. Kalayakan hukum. Apakah sistem mematuhi seluruh hukum negara dan negara bagianyang berlaku, regulasi pihak administratif, dan kewajiban kontraktual?
  4. Kelayakan penjadwlaan. Dapatkah sistem dikembangkan dan diimplementasikan dalam waktu yang dialokasikan?
  5. Kelayakan operasional. Apakah organisasi memiliki akses ke orang-orang yang dapat mendesain, mengimplementasikan, dab mengiperasikan sistem yang dijukan? Akankah orang-orang menggunakan sistem tersebut?
Penganggaran Modal: Menghitung Kelayakan Ekonomi
Model penganggaran modal adalah sebuah  teknik pengembalian atas investasi yang digunakan untuk membandingkan manfaat dan biaya yang diestimasi untuk menentukan apakah sebuah sistem bermanfaat biaya
Berikut ini adalah 3 teknik penganggaran modal yang paling umum digunakan:
  1. Payback period adalah sebuah teknik pengembalian atas investasi yang digunakan untuk menghitung jumlah tahun yang diperlukan agar tabungan bersih menyamai biaya awalnya
  2. Netpresent value adalah sebuah teknik pengembalian atas invesatsi yang mendiskontokan seluruh arus kas masa depan yang diestimasi kembali ke masa sekarang dengan menggunakan tingkat diskonto yeng merfeleksikan nilai waktu uang.
  3. Internal rate of return adalah sebuah teknik pengembalian atas investasi menghitung tingkat bunga  yang membuat nilai sekarang dari total biaya sama dengan nilai sekarang total simpanan

Aspek Perilaku Perubahan

Aspek perilaku perubahan adalah cara positif dan negatif orang-orang bereaksi terhadap perubahan, mengelola reaksi perilaku ini krusial untuk mengimplementasikan sebuah sistembaru dengan sukses.

Mengapa Masalah Perilaku terjadi
Pandangan individu atas perubahan, entah baik maupun buruk, biasanya bergantung pada bagaimana individu tersebut secara pribadi terpengaruh oleh perubahan.
Untuk meminimalkan reaksi negatif, seseorang harus memahami mengapa perlawanan terjadi. Beberapa faktor yang lebih penting termasuk berikut ini:
  1. Ketakutan
  2. Dukungan manajemen puncak
  3. Pengalaman dengan perubahan sebelumnya
  4. Komunikasi
  5. Sifat perubahan yang mengganggu
  6. cara perubahan diperkenalkan
  7. Bias dan emosi
  8. Karakteristik dan latar belakang pribadi
Bagaimana Orang-Orang Menenetang Perubahan
Perlawanan beiasanya berupa salah satu dari ketiga bentuk ini:

AGRESI
Perlawanan terhadap perubahan yang dikehendaki untuk menghancurkan, melumpuhkan, atau melemahkan efejtivitas sistem, seperti peningkatan tingkat kesalahan, gangguan , atau sabotase 

PROYEKSI
Perlawaanantehadap perubahan dengan menyalahkan apapun  dan segalanya pada sistem baru, sehingga sistem menjadi kambing hitam atas seluruh masalah dan kesalahan yang benar-benar terjadi atau yang direkayasa

Mencegah Masalah Perilaku
  1. Memperoleh dukungan manajemen
  2. Memenuhi kebutuhan pengguna
  3. Melibatkan pengguna
  4. Menghilangkan ketakutan, dan menekankan peluang-peluang baru
  5. menghindari emosionalisme
  6. Memberikan pelatihan
  7. Memeriksa ulang evaluasi kinerja
  8. Menjalin lini komunikasi yang terbuka
  9. Menguji sistem
  10. Menjaga agar sistem tetap sederhana, dan pelakukan sistem seperti manusia
  11. Mengendlaiakan ekspektasi pengguna

Analisis Sistem

Permintaan untuk pemgembangan sistem
Sebuah permintaan tertulis untuk sebuah sistem baru atau peningkatan sistem yang mnejelaskan masalah-maslah sistem saat ini, alasan untuk perubahan, serta tujuan, manfaat, dan biaya sistem yang diajukan

Penyelidikan awal
Sebuah penyelidikan pemulaan untuk menentukan apakah sebuah usulan sietem baru dibutuhkan dan layak

Proposal untuk menjalankan analisis sistem
Sebuah permintaan untuk menyelesaikan fase analisis sistem bagi sebuah proyek yang membuatnya melalui penyelidikan awal

Survei Sistem, dengan tujuannya:
  1. Mendapatkan pemahaman atas operasi, kebijakan, prosedur, dan arus informasi perusahaan , kekuatan dan kelamahan SIA, seta ketersediaan perangkat keras-lunak, dan personnel
  2. Membuat penilaian pendahuluan atas kebutuhan pemrosesan sekarang dan masa depan, serta menetukan luasan dan sifat perubahan yang dibutuhkan
  3. Mengembangkan hubungan kerja dengan para pengguna, dan membangun dukungan bagi SIA
  4. Mengumpulkan data yang mengidentifikasi kebutuhan pengguna, menjalanka  analisis kelayakn dan membuat rekomendasi untuk manajemen
- Dokumentasi sistem : Sebuah deskripsi lengkap mengenai bagaimana sistem harusnya bekerja, termasuk salinan kuisioner, catatan wawancara, memo, salianan dokumen dan model

-Model fisik: Deskripsi mengenai bagaimana sebuah sistem berfungsi dengan menjelaskan aliran dokumen, proses-proses komputer yang dijalankan , dan orang-orang yang menjalankan  dan peralatan yang digunakan

-Model Logika : Deskripsi sistem yang berfokus pasa aktivitas mendasar apa yang dijalankan dan arus informasi terlepas dari bagaimana aliran tersebut sesungguhnya diselesaikan

-Laporan survei sistem : Sebuah laporan yang merangkum seluruh aktivitas yang terjadi selama survei sistem, termasuk seluruh dokumentasi yang relevan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban SIA Bab 10 dan 11

Bab 9 Pengendalian Kerahasiaan dan Privasi

Mengimplementasikan Model REA dalam Database Relasional